Rekan blogger yang terkasih
Dalam beberapa kontes seo di tanah air, biasanya ada ua hal yang menjadi tolak ukur utama dalam menentukan pemenang di akhir lomba. Dua hal yang dimaksud adalah kualitas dan popularitas artikel yang kita miliki.Popularitas sebuah konten dapat dinilai dari ranking link dari artikel tersebut di mesin pencari seperti google dan yahoo, sebuah konten dikatakan punya popularitas tinggi bila konten tersebut mampu mencapai halaman tama dengan tingkat persaingan berat. Popularitas konten bisa dikatakan merupakan bagian dari proses stabilisasi, karena faktanya akan sangat sulit mempertahankan popularitas dalam jangka lama. Selain karena faktor perubahan algoritma, juga update ranking serp yang kini berjalan lebih cepat dari yang diprediksikan oleh para ahli di bidang seo.

Menentukan pemenang kontes seo hanya mengandalkan dari sisi popularitas saja adalah sebuah tindakan yang kurang bijak, sebab halaman yang berada di ranking utama belum tentu punya kualitas konten yang lebih bagus dari artikel yang berada di urutan ratusan. Terlebih bila kita bandingkan dengan cara perangkingan google dengan yahoo, yang punya tolak ukur berbeda dan cenderung berlawanan. Banyak blog punya posisi bagus di google, tetapi hancur ketika berhadapan dengan yahoo, begitu juga sebaliknya, ada halaman yang nampak hebat di mata yahoo, tetapi babak belur dihajar oleh google panda. Belum lagi untuk search engine lain yang juga punya karakter berbeda dalam memberi penilaian dan mengganjarnya dengan popularitas.

Lalu bagaimana dengan kualitas dan relevansi konten yang selama ini sering dibahas oleh kita semua, apa iya kita telah begitu memahami yang namanya relevan dan kualitas sebuah artikel milik orang lain? Percaya atau tidak, sebuah konten yang tidak berkualitas itu bisa mencapai posisi terbaik di google mamupun yahoo, hal ini tetap bisa terjadi karena yahoo dan google hanyalah mesin penelusur yang sifatnya hanya sebagai kecerdasan tiruan dari otak manusia dalam memakai intuisi. Menerka nerka dengan sebuah sistem yang telah ditetapkan sebelumnya adalah tugas dari sistem penelusuran untuk semua mesin pencari. Kualitas konten yang paling mengerti adalah penilaian dari kita semua, dimana tiap orang punya cara penilaian yang berbeda. Mirip saat saat kita menilai seseorang dari penampilan mukanya, oh iya cantik, lebih cantik, enggak ah, biasa aja, wah... dia standarlah, atau malah kita anggap sangat jelek. Penilaian terhadap konten bersifat subyektif dan cenderung tidak obyektif, sangat sedikit ada manusia yang mampu memberikan penilaian obyektif terhadap kualitas tulisan orang lain.

Terus apa pula makna dari relevan atau relevansi ? Dalam sebuah kajian logika, relevan itu mengandung makna jika sebuah kalimat punya hubungan yang kuat antara unsur unsur yang ada di dalam, kalimat tersebut. Seperti adanya keterkaitan antara subyek dan predikat serta keterangan yang dijadikan sebagai penjelas dari kalimat tersebut. Konten dikatakan relevan karena deskripsi dari isi tersebut sesuai dengan judul yang dituliskan di awal. Selam hal ini dilakukan oleh rekan semua, maka seperti apapun tulisan yang tersaji berarti telah relevan atau sesuai dengan title pembahasannya. Maka bila kita mau mengamati semua artikel yang diikutsertakan dalam sebuah kontes seo, mayoritas telah relevan dan masalah berkualitas atau tidak tergantung dari tim yurinya. Tim yuri sendiri juga harus dilihat, dia sendiri punya kualitas dan kapabilitas seperti apa, atau minimal punya reputasi tertentu yang membuat kita yakin bahwa ia bisa menilai konten kita dengan sebaik baik penilaian. Kalau di Indonesia, yang paling terkenal adalah Mas Keke, yang telah malang melintang menjadi yuri dalam kontes seo besar di Indonesia. Sebagai manusia kita mestinya menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna, sehebat apapun, pasti ada kelemahan dan kekurangan yang melekat di dalam dirinya.

Maka, sebagai solusi, tetaplah semangat ngeblog  , berkualitas atau tidak, punya popularitas atau tidak, yang penting berguna untuk kita dan juga bermanfaat bagi orang lain. Dan untuk rekan mwb, jangan pernah minder, mwb juga bisa bersaing dengan semua blogger yang dan Indonesia, tetap punya kesempatan menjadi yang terbaik di masa yang akan datang. Saya akan sangat senang bila kelak ada rekan mwb yang mampu menjadi yang terbaik dalam kontes besar dan siap mendukung dengan memberikan link cuma cuma lewat blog ini. Salam hangat dan jangan lupa bagi yang belum gabung di kontes Menjadi Pemenang Bukan Tujuan  untuk segera mendaftar ya. Terima kasih
 


Comments


Comments are closed.

    Posting Hebat

    Blog Khusus Cinta sejati dan permasalahan yang dihadapi manusia di dalam hidup

    Archives

    June 2012
    May 2012
    December 2011

    Categories

    All
    Agama
    Bahasa Inggris
    Cinta Sejati
    Humor
    Internetku
    Kekasih Romantis
    Motivasi
    Pendidikan
    Ramalan
    Sosial
    Syair Puisi
    Tokoh Teladan


Blog Indonesia My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers