Peranan guru di dalam dunia pendidikan dan pengajaran tidak bisa disangsikan lagi dan sangat besar nilai jasanya. Guru yang tiap hari mendidik tentu saja sangat banyak bergaul dengan peserta didik yang diasuhnya. Ia sekaligus mengemban tugas sebagai pendidik untuk membimbing anak menjadi dewasa dan berguna bagi sesama. Guru bertanggung jawc sebagai pendidik karena jabatannya yang tak bisa digantikan oleh orang lain. Tugas guru sebagai pendidik tentu berkewajiban membantu pertumbuhan dan perkembangan murid secara menyeluruh meliputi masalah sikap, minat, emosi perkembangan sosial dan lain sebagainya. Dengan kata lain tugas guru sebagai pendidik adalah membimbing dan membantu berkembangnya kepribadian murid secara totalitas. Kedua tugas guru tersebut yaitu sebagai pendidik dan pengajar tidaklah dapat dipisah pisahkan antara yang satu dengan lainnya, tetapi saling isi mengisi dan tunjang menunjang.

Oleh sebab itu setiap guru harus menguasai berbagai ilmu pengetahuan untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Diantara ilmu yang perlu dikuasai oleh guru agar dapat berhasil dengan baik dalam mengemban tugasnya adalah ilmu psikologi umum, ilmu jiwa anak, ilmu jiwa remaja, ilmu jiwa pendidikan, kurikulum yang dìgunakan, metodologi pengajaran dan lain sebagainya. Guru itu sendiri harus berwibawa terhadap peserta didiknya, dijadikan panutan oleh masyarakat dimana ia berada, dan bisa dijadikan contoh yang baik oleh anak anak yang dididik. Dengan peran pentingnya itu, guru haruslah manusia yang takwa kepada Alloh swt, sehat jasmani dan rohaninya, serta mampu menjalankan tugas dengan kebersihan jiwa.

Selain itu guru harus sanggup menyampaikan ilmu pengetahuan yang benar benar berguna bagi kehidupan peserta didik. Tidak sekedar pengetahuan yang mudah dilupakan dan tak memberi bekas apapun setelah anak selesai menjalani proses pendidikan. Tentu seorang guru agar bisa berhasil tak cukup hanya mengandalkan cara pandangnya sendiri, mereka setidaknya harus mampu menyampaikan suatu materi sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Guru sebagai medium aktif, hendaknya punya orientasi pada tujuan dan melaksankan tugas sebagaimana yang telah ditetapkan pada bagian sasaran tertulis. Guru yang bijak selalu mampu memilih dan memakai metode yang paling tepat untuk dipakai dalam proses pendidikan. Ia paham bahwa peserta didik memiliki keunikan dalam cara berpikir dan merespon apa yang disampaikan olehnya. Maka variasi metode penting disajikan guru
 


Comments


Comments are closed.

    Posting Hebat

    Blog Khusus Cinta sejati dan permasalahan yang dihadapi manusia di dalam hidup

    Archives

    June 2012
    May 2012
    December 2011

    Categories

    All
    Agama
    Bahasa Inggris
    Cinta Sejati
    Humor
    Internetku
    Kekasih Romantis
    Motivasi
    Pendidikan
    Ramalan
    Sosial
    Syair Puisi
    Tokoh Teladan


Blog Indonesia My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers