Muawiyah bin abi sofyan adalah salah satu sahabat Rosululloh saw yang cerdas dan pandai dalam menjalankan roda pemerintahan. Muawiyah sejak masih muda sudah menunjukkan karakternya sebagai calon pemimpin masa depan yang lihai dalam bidang diplomasi. Karakter yang kuat pada diri Muawiyah membuat Nabi Muhammad saw sering memberinya kepercayaan sebagai salah satu panglima perang. Ketika Rosululloh saw telah wafat, kepemimpinan umat islam digantikan oleh khulafaur rosyidin. Pada masa kepemimpinan Abu bakar ash shidiq, Muawiyah juga diberi kepercayaan oleh beliau untuk memerangi orang orang yang membangkang gerakan pemurtadan. Mereka enggan membayar zakat, karena dianggapnya zakat adalah upeti untuk Nabi Muhammad saw.

Pada masa ini muawiyah pun mampu menjalankan tugasnya dengan gemilang, ia dan bersama pasukan umat islam lain mampu menumpas pemberontakan dan menyadarkan orang bahwa zakat bukanlah upeti untuk Rosululloh saw, tetapi sebagai kewajiban yang diperintahkan oleh Alloh swt. Ketika masa pemerintahan Abu bakar as shidiq berakhir, Umar bin khattab tampil menjadi khalifah yang kedua. Umar bin khattab konon begitu suka dengan Muawiyah, karena ia dianggap memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Umar bin khattab pun memberi kepercayaan kepada Muawiyah untuk menjadi gubernur di wilayah damaskus. Amanat dari khalifah umar bisa dijalankan dengan baik oleh Muawiyah, ia mampu menjadi pemimpin yang memberi dan mengayomi segenap lapisan masyarakat. Jabatan gubernur tetap diemban oleh muawiyah, bahkan setelah Umar bin khattab wafat, beliau juga diangkat lagi sebagai gubernur oleh Kholifah Utsman bin Affan.

Pada masa kholifah utsman, muawiyah pernah memimpin armada laut untuk perang melawan musuh dan meraih hasil gemilang. Memang ada hal yang istimewa dengan Muawiyah, ia adalah satu satunya sahabat sepeninggal Rosululloh saw yang memegang jabatan gubernur paling lama. Muawiyah pernah menjabat gubernur selama 20 tahun, itu artinya bahwa beliau sangat pandai dalam melakukan diplomasi, lobi politik dan kemampuan lain yang tak bisa dirinci satu persatu. Bahkan saat berbagai rongrongan datang menyerang kekuasaan islam pada masa kholifah Utsman bin affan dan Ali bin abi tholib, Muawiyah adalah satu satunya gubernur yang waktu itu punya kekuatan prajurit yang paling terorganisir. Ia telah memiliki pasukan terlatih yang digaji dan sangat setia kepada semua kehendaknya. Tulisan tentang Muawiyah akan terus bersambung




 


Comments


Comments are closed.

    Posting Hebat

    Blog Khusus Cinta sejati dan permasalahan yang dihadapi manusia di dalam hidup

    Archives

    June 2012
    May 2012
    December 2011

    Categories

    All
    Agama
    Bahasa Inggris
    Cinta Sejati
    Humor
    Internetku
    Kekasih Romantis
    Motivasi
    Pendidikan
    Ramalan
    Sosial
    Syair Puisi
    Tokoh Teladan


Blog Indonesia My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers