Doa akan tidur atau bacaan doa sebelum tidur harus kita kuasai, terutama untuk kita yang beragama Islam . Selain itu kita juga hendaknya sedikit memahami etika ketika kita mau tidur. Nabi Muhammad SAW mengajarkan agar ketika kita akan tidur untuk menjalankan beberapa aktibitas ringan, tetapi berpengaruh dahsyat untuk keselamatan diri kita. Sebab kita juga pasti tahu bahwa saat mata terpejam maka kita dikatakan diluar kesadaran, sehingga saat seperti itu setan akan mudah masuk dan mengganggu jiwa kita tanpa pernah kita sadari. Mungkin ada juga pembaca yang kalau mau tidur tak pernah membaca doa, buklan karena tidak bisa, tetapi karena tak pernah melatih disiplin dalam membaca doa sebelum tidur. Terus... apakah begitu penting doa sebelum tidur bagi kehidupan kita atau sekedar rutinitas tanpa makna apa apa?

Doa akan tidur pada dasarnya mengingatkan kita untuk selalu ingat pada perbuatan yang telah kita lakukan di siang hari, berapa orang yang telah kita sakiti, ada berapa manusia yang terluka oleh ucapan yang tak kita sadari dan lain sebagainya. Hingga pada akhirnya semua itu menjadi bahan renungan untuk melembutkan hati kita yang masih sangat keras melebihi karang di tengah lautan. Rosul memberi teladan agar saat kita mau tidur, maka disunahkan untuk melakukan sholat sunat dua rokaat terlebih dahulu, lalu kita ambil kitab suci untuk membaca ayat suci al qura'an lima atau 10 menit lamanya. Kalau kebetulan belum bisa membaca al quran., maka dapat membaca suratan pendek seperti al fatihah, an nas, al falaq, al ikhlas, dan ayat kursyi. Kalau itu telah dijalankan maka kita disunahkan juga untuk meletakan kepala di barat, tidur miring ke kanan dan setelah itu kita membaca doa sebelum tidur yang mungkin telah lama kita tinggalkan.

Barangkali lupa maka ini penulis sertakan doa sebelum tidur "Bismika Allohumma Ahya Wa Bismika Amuut" lalu tidurlah dengan membaca istighfar sebagai bentuk rasa takut kepada Tuhan yang Memilki nyawa kita semua. Siapa tau esok kita telah tiada dan meninggalkan dunia ini untuk selama lamanya, terpisah dengan orang orang yang kita cintai dan semua manusia yang mencintai kita. Penuulis yakin bila kita membiasakan membaca doa sebelum tidur maka hidup akan terasa damai, tenang saat ada masalah berat dan selalu merasa dekat dengan pertolongan Tuhan. Semoga bermnfaat untuk pembaca ya. Kita hanya saling mengingatkan, bukan ada niat sok sokan atau mengajari orang lain. Ingatkan semua manusia sesuai kemampuan kita, karena kebaikan yang kita tanam juga akan kembali pada diri kita maisng masing.
 


Comments


Comments are closed.

    Posting Hebat

    Blog Khusus Cinta sejati dan permasalahan yang dihadapi manusia di dalam hidup

    Archives

    June 2012
    May 2012
    December 2011

    Categories

    All
    Agama
    Bahasa Inggris
    Cinta Sejati
    Humor
    Internetku
    Kekasih Romantis
    Motivasi
    Pendidikan
    Ramalan
    Sosial
    Syair Puisi
    Tokoh Teladan


Blog Indonesia My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers