Tata cara solat tahajud yang sesuai dengan aturan islam dan sebagaimana dicontohkan oleh Rosululloh SAW ada baiknya kita ketahui bersama sama. Sholat tahajud adalah sholat sunat yang dilakukan pada malam hari dengan syarat syarat tertentu. Diantara syarat sholat tahajud yang mesti dipenuhi adalah sehat secara akal dan mengetahui ilmu yang mendasari untuk menjalankan solat tahajud. Para salafus solih menyarankan agar kita jangan serampangan dalam ibadah, asal asalan tanpa membekali diri dengan  ilmunya. Dalam halk ibadah, ilmu dihitung terlebih dahulu sebelum pelaksanaan suatu ibadah. Sholat tahajud pun demikian, punya aturan tersendiri dan tak bisa dilakukan pada waktu yang telah digariskan. Selama ini masih ada juga orang yang beranggapan jika untuk menunaikan sholat tahajud tak perlu tidur dulu, padahal aturan benarnya tidak demikian. Sholat sunat akan dikatakan sebagai sholat tahajud jika si pelaku secara sengaja punya niat untuk menjalankan sholat tersebut setelah yang bersangkutan tidur terlebih dahulu pada malam hari setelah sholat isya.

Bila seorang hamba Tuhan melakukan sholat pada malam hari sementara ia belum tidur maka bukan tergolong solat tahajud, atau bisa juga telah tidur lalu bangun,tetapi belum sholat isya maka ia pun belum bisa menjalankan sholat tahajut. Dengan kata lain agar kita bisa menjalankan sholat tahajud maka harus sudah sholat isya, harus telah tertidur dulu walau barang satu menit, dan kita kerjakan sebelum masuk sholat subuh secara sengaja. Kalau kita telah sholat isya terus sholat sunat tetapi tak sholatnya tidak dengan niat untuk sholat tahajud maka juga bukan tergolong menjalankan sholat tahajud. Sebab di malam hari setelah waktu isya tak hanya sholat tahajud yang boleh dijalankan, tetapi ada berbagai jenis sholat sunat lain seperti solat witir, sholat hajat, dan solat istikhoroh. Bahkan ada juga yang namanya sholat sunat mutlak. Untuk rincian mengenai jenis sholat ini akan dibahas pada uraian tersendiri.

Dari uraian mengenai cara solat tahajud maka bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama, sholat tahajud bisa kita jalankan setelah waktu isya. Kedua, untuk menjalankan sholat tahajud kita hendaknya tidur terlebih dahulu walau itu cuma sebentar saja. ketiga, sholat tahajud harus disengaja dengan suuatu niat, untuk bacaan niat sholat tahajud adalah seperti ini : Usholli Sunnatat tahajjudi rokngataeni lillahi tangala, allohu akbar. Setelah membaca niat lalu dilanjutkan dengan bacaan lain seperti ketika kita sholat fardu. Untuk masalah bacaan ayat setelah fatihah tak ada aturan khususnya, kita bisa memakai ayat ayat pendek yang telah kita hafal dengan baik. Terus bagaimana dengan jumlah rokaat sholat tahajud? Para ulama mengajarkan bahwa sholat tahajud minimal 2 rokaat dan maksimal tak ada batasan. hingga waktu sholat tahajud habis. Kalau memang mampu bisa menjalankan sebanyak yang kita mau, tetapi jangan dibuat sekaligus. Kalau kita ingin menjalankan 8 rokaat maka bisa dilakukan sebanyak 4 kali. Sementara ini dulu dasar utama dari cara sholat tahajud, untuk lebih jelasnya ada baiknya agar pembaca membiasakan diri bertanya kepada ustad, pak kyai, atau guru agama yang ada di lingkungan kita. Semoga bermanfaat ya... Plus kalau nanti sholat tahajud saya minta agar anda mau mendoakan saya supaya menang dalam kontes
 


Comments


Comments are closed.

    Posting Hebat

    Blog Khusus Cinta sejati dan permasalahan yang dihadapi manusia di dalam hidup

    Archives

    June 2012
    May 2012
    December 2011

    Categories

    All
    Agama
    Bahasa Inggris
    Cinta Sejati
    Humor
    Internetku
    Kekasih Romantis
    Motivasi
    Pendidikan
    Ramalan
    Sosial
    Syair Puisi
    Tokoh Teladan


Blog Indonesia My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers